[Opini] Interpretasi Ganda Lagu Hero

Waktu masih duduk di bangku SMA, saya selalu update lagu Barat. Bukan karena saya suka, saya bahkan nggak punya aplikasi semacam JOOX atau Spotify di ponsel maupun perangkat saya yang lain. Bukan juga karena saya memang up-to-date soal apa pun atau suka nonton musik klip seperti MTV. Tapi, karena teman-teman saya di kelas suka banget nyetel lagu Barat di kelas. Kecanggihan teknologi ditabrakkan dengan dunia pendidikan memang jadinya seheboh itu. Sound kelas itu aset berharga, kalau ditambah dengan kabelnya jadilah primadona. Kalau rusak, bisa sedih berhari-hari dan berakhir mendatangi bapak-bapak di Lab Fisika buat membetulkannya segera. Kalau kabel yang rusak, buru-buru urunan buat beli yang baru. Yah, rasanya sound system dan kabelnya harus dijaga udah kayak jaga nyawa sendiri. Hehe.

Itu secuplik kenangan di masa SMA yang bikin saya update dengan musik Barat. Nah, salah satu lagu yang pas zaman kelas tiga sering diputar itu judulnya Hero. Penyanyinya Cash Cash berkolaborasi dengan Christina Perri. Penulis lagunya Christina Perri sendiri dibantu oleh Alex Makhlouf, Jean Paul Makhlouf, dan Samuel Frisch. Saya nggak tahu mereka siapa, tapi lagu ini cukup enak didengar telinga, jadi saya memutuskan men-download-nya. Saya dengar-dengarkan, tapi saya tetap bingung maksud liriknya apa (saya nggak terlalu jago listening). Akhirnya, saya cari juga lirik lagunya biar lebih jelas. Bagi saya, apalah artinya mendengarkan lagu tanpa tahu artinya.

Liriknya seperti ini:

I let myself fall into you

I never thought I’d fall right through

I fell for every word you said

You made me feel I needed you

And forced myself to think it’s true

But I found I’m powerless with you

Reff:

Now, I dont need your wings to fly

No, I dont need a hand to hold in mine this time

You held me down but I broke free

I found the love inside of me

Now I dont need a hero to survive, ‘cause I already saved my life

I fell into your fantasy

But that’s all our love will ever be

I lost hope in saving you and me

You think I’m lost, falling apart

But your lies just made a stronger heart

My life is just about to start

(back to Reff)

Nah, awalnya saya santai saja baca liriknya sambil manggut-manggut sok ngerti gitu. Tapi, lantas saya memikirkan lirik itu sambil mendengarkan lagunya beberapa kali. Dan, seperti ada suara klik di otak saya, dan saya berpikir lirik ini ambigu. Kalau dipikir-pikir lagi, maknanya ganda, tapi memang terserah orang mau ambil interpretasi yang mana. Nah, saya membagi interpretasinya menjadi dua bagian.

Interpretasi pertama, sebut saja interpretasi yang bersifat positif. Lirik lagu ini bercerita tentang seseorang yang lepas dari orang lain yang selama ini menjaganya. Entah ini pacar, teman, atau TTM (teman tapi mesra, bukan teman tapi menikah). Di baris-baris awal, dijelaskan bahwa ia jatuh pada pesona seseorang itu dan percaya pada semua apa yang dia katakan. Tapi, di akhir bait dijelaskan bahwa dia merasa tidak punya kekuatan (powerless) tanpa kehadiran orang tersebut. Bagian Reff menjelaskan bahwa ia berhasil terbang sendiri tanpa bantuan orang itu lagi. Nah, di situlah dia tidak lagi membutuhkan orang ini, yang selama ini dianggapnya sebagai hero. Bait selanjutnya menjelaskan bahwa orang itu sepertinya masih memintanya tinggal bersamanya, masih ingin jadi hero bagi dia, mungkin, tapi dia sudah tidak mau. Kebohongan yang orang itu ciptakan demi menahannya justru membuat ia semakin kuat untuk melepaskan diri dan tidak terjebak kata-katanya yang cuma bualan semata (fantasy). Dia menekankan bahwa tanpa kehadiran orang itu, ia tetap bisa bertahan, dia tidak rapuh (lost and falling apart). Dia bisa menjaga hidupnya sendiri.

Selanjutnya, interpretasi kedua, bisa disebut interpretasi bersifat negatif. Kenapa negatif? Soalnya bagi saya konteksnya sudah bukan manusia x manusia, tapi manusia x Tuhan. Kok bisa?

Dari bait pertama, kita bisa mengubah sudut pandang, bahwa orang ini telah jatuh kepada Tuhan (memeluk agamanya) dan percaya pada firman-Nya (fell for every word you said). Lantas, orang ini merasa dia malah tidak punya kekuatan karena percaya pada Tuhannya (I’m powerless with you). Kita bisa lihat bait pertama ini menjelaskan banyak fenomena yang terjadi di sekitar kita, bahwa orang-orang merasa sukses tidak datang dari Tuhan, tapi dari usahanya sendiri. Karena justru ketika mereka beriman dan tunduk pada titah Tuhannya, mereka tidak sukses, tidak kaya, dan tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Bait selanjutnya menjelaskan fase ketika orang ini melepaskan diri dari Tuhannya (I dont need your wings to fly). Dia tidak membutuhkan pahlawan yang harus menuntunnya seperti Tuhannya, karena ia sudah bisa berjalan di atas kakinya sendiri (already saved my life).

Bait selanjutnya lagi memperdalam ketidakpercayaan orang ini pada Tuhan. Tuhan identik dengan sesuatu yang gaib, maka tersebutlah I fell into your fantasy, but that’s all our love will ever be. Lantas, selama ini orang-orang yang taat dan beriman bilang bahwa ketika manusia lepas dari Tuhannya, ia akan kehilangan arah. Ini diputarbalikkan oleh orang ini. Dia baik-baik saja tanpa ayat-ayat Tuhannya yang ia rasa semuanya hanya kebohongan. Simak lirik “You think I’m lost, falling apart, but your lies just made a stronger heart”. Dia akan memulai kehidupan barunya tanpa harus berpegangan pada hero yang merupakan Tuhannya sendiri (my life is just about to start).

Kedua interpretasi itu saya pikirkan tanpa sengaja, tanpa mengada-ada, hanya mengikuti alur sense saya yang sebenarnya menyukai Seni, baik itu sastra, film, ataupun lagu. Apabila tidak berkenan dengan interpretasi kedua, ambil saja yang pertama. Kita selalu bisa mengambil sisi positif dari suatu hal tanpa menghilangkan sisi negatif yang membayanginya, ‘kan?

Terlepas dari makna ambigunya, saya suka lagu ini. Musiknya yang up-beat tapi santai sangat mendukung saya untuk menulis. Malah saya bisa mengulangnya beberapa kali sebelum lanjut ke track-list lainnya. Suara Cash Cash berbaur dengan Christina Perri juga renyah untuk didengar sebelum tidur, ehehe.

Oke, karena nggak ada lagi yang bisa saya sampaikan, saya mau lanjut dengerin lagunya. Buat yang belum tahu atau udah lupa sama nadanya (saya nggak tahu lagu ini rilis kapan), yuk download, dengerin, tapi nggak usah mikir buat bikin interpretasi ketiganya, ya! 😀

 

Advertisements

3 Comments

Add yours →

  1. Interpretasi kedua ngeri ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

@EnglishTips4U

Indonesia's first and only Twitter-based English learning portal

thedrabble.wordpress.com/

Shortness of Breadth

Flying NC FanFiction

Wild Imagination for Adults

Cerpen Koran Minggu

Kompas-Republika-Jawa Pos-Suara Merdeka-Koran Tempo-Media Indonesia dan Lainnya

Goresan Literasi

Tempat bernaungnya jejak-jejak karya untuk mengabadi.

Monolog Tan Panama

...datang dini hari, pergi sebelum pagi...

Macaroon Seoul

To write is like making a macaroon; put an effort on it, and the taste'd worth

Mr. Assa

L'amour Va Trouver Sa Place à S'ancrer Par Lui Même

Never Danced Before

We Dance, We Laugh, Then We Dance Again

Twelveblossom

“Every story contains a secret–even the writer doesn't always know what it is.”―Carla H. Krueger

Miniatur Jenderal

Ini bukan cerita cinta

Storm on the Horizon

Crumbled Mind, Midnight Thoughts, & Rambled Words.

Hello phyokyo!

Make your imagination in my world!

trashy treasure

I'll keep it classy, never trashy, just a little bit nasty

Pretty Little Mind

come away, o human child!

Classic Dream

A Blank Space of My Art, Love, and Dream

Art Fantasy

We Fulfill Your Request

Writers' Secrets

Summer is red, sea is blue. Gonna tell a secret, I'll give you a clue.

saladbowldetrois

Home of Saladlicious Fictions

%d bloggers like this: